Arti Dari Sebuah Nama



Setiap nama pasti memiliki arti dan makna tersendiri, misalnya orang yang bernama Yuli kemungkinan besar kalo orang tersebut lahir di bulan juli.

Begitu juga dengan orang yang bernama Agus.

Hampir tidak mungking kalo anak yang lahir dibulan desember diberikan nama Agus, pastilah karena jabang bayi tadi lahir dibulan agustus kemudian diberinama Agus.

Ada lagi orang yang bernama Joko yang artinya jejaka atau anak laki-laki, tapi kalo didaerah sering diartikan perjaka, jadi kalo orang yang bernama Joko, biar sampai tuapun, atau sudah menikah sebanyak tujuh kali pun masih tetap perjaka.

Biarpun cuma perjaka tong-tong, bukan ting-ting.

Dan ada satu lagi nama yang nantinya akan jadi pokok bahasan pada postingan kali ini yaitu Yono, nama aslinya Damyono.

Artinya ...?

Kalo ditanya tentang artinya, jujur saja pemahaman saya belum sampai sejauh itu untuk mengartikannya.

Tapi,

Kalo soal sejarah atau asal muasal nama tersebut tercipta, sedikit banyak saya tahu bagaimana alur ceritanya.

Baiklah para pemirsa.

Mas Yono ini sebenarnya adalah teman, sekaligus sohib karib saya, jadi sejak jaman masih telanjang sampai sekarang sudah beranak pinak, saya masih tetap berteman dengan teman saya ini.

Menurut dari sumber yang cukup terpercaya, meskipun sulit untuk dibuktikan kebenarannya, dan berdasarkan data-data yang tertuang dalam kitab Primbon, entah itu kitab primbon yang mana.

Damyono tersusun dari 2 kata yaitu Dam yang artinya bendungan dan Ono yang artinya ada, jadi kalo diterjemahkan Damyono artinya ada bendungan.

Lha bagaimana jalan ceritanya ...?

Sebenarnya ini masalah privasi, jadi saya tidak akan menceritakan secara mendetail, tapi secara garis besarnya saja.

Nah mengapa teman saya bisa diberi nama Damyono, hal ini karena saat sebelum Mas Yono ini direncanakan, kedua orang tuanya sempat terpisah karena suatu hal yang belum diketahui penyebabnya.

Hingga suatu ketika ada sebuah proyek pembangunan bendungan atau dam untuk saluran irigasi, dan ndilalah kedua orang tua Mas Yono dipertemukan kembali, karena mereka sama-sama bekerja di proyek tersebut.

Dan ndilalah lagi, benih-benih cinta yang sempat hilang diantara mereka, tumbuh dan bersemi lagi, sehingga mereka memutuskan untuk bersatu, dan akhirnya lahirlah si jabang bayi yang diberi nama Damyono.

Jadi dari sedikit cerita diatas bisa diambil kesimpulan, nama Damyono tercipta karena adanya proyek pembangunan dam yang berhasil mempersatukan dua Insan yang terpisah.




4 komentar:

  1. Orang dulu memang kalau ngasih nama suka unik misalnya gara gara sakit mau meninggal gak jadi dikasih nama URIP

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, kebanyakan orang dulu suka seperti itu

      Hapus
  2. Orang dahulu lugu" ya mas, memberikan nama untuk anaknya, simpel namun mengandung sebuah doa, misalkan : Sarwono ( Sarwo Ono ) berharap anaknya nanti serba kecukupan, atau Slamet, berharap anaknya nanti diberi kesehatan dan keselamatan...mgkn skrg nama" trsbt sudah jarang digunakan, slbhnya banyak menggunakan nama" dr Timur Tengah / Eropa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang banyak nama gaul, yang kadang sulit diucapkan

      Hapus

Arti Dari Sebuah Nama